Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email

 Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email - Email atau sering yang disebut surat elektronik merupakan media komunikasi yang sudah ada sejak lama. Biasanya Email digunakan untuk kepentingan yang bersifat formal.

Berikut adalah Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email : 

1. Pastikan nama Email sesuai dengan namamu 

Kamu boleh saja mempunyai nama email dengan nama yang cenderung berlebihan atau berkesan tidak formal seperti yang sering kita jumpai di anak-anak zaman sekarang seperti :

hermawanjr@yahoo.com atau hermawanjr@gmail.com

Jika kamu hendak melamar pekerjaan lewat email, hindarilah nama penggunaan nama email yang tidak sesuai degan mama asli. Karena penggunaan nama email yang cenderung berlebihan atau berkesan tidak formal menjadi pertimbangan bagi HRD atau recruiter. Berikut contoh nama email yang benar dan salah dalam mengirim lamara kerja lewat email.

Nama : Hermawan Saputra

Contoh penulisan nama email yang dihindari : hermawanjr@yahoo.com

Contoh penulisan nama email yang perlu digunakan : hermawansaputra@yahoo.com  

2. Pastikan ukuran berkas lamaran kerjamu kurang dari 1MB 

Mengapa demikian ? Karena berkas lamaran kerja yang kurang dari 1MB akan memudahkan HRD atau recruiter untuk mengunduh file berkas lamaran-mu, dengan tentunya hal tersebut akan menghindari penyitaan waktu yang dimiliki oleh HRD atau recruiter. 

Tentunya dengan ukuran file lamaran kerja yang kurang dari 1MB juga akan lebih dalam melampirkan file berkas lamaran kerjamu. 

3. Hindari mengirim berkas lamaran kerja dengan format zip/rar 

Mengapa demikian ? Hal tersebut akan mempersulit HRD atau recruiter dalam mengubah file berkas lamaran kerjamu 

4. Gunakan bahasa resmi 

Apa itu bahasa resmi ? Bahasa Resmi adalah bahasa bahasa yang digunakan di komunikasi resmi. Seperti di peraturan-undang dan surat meyurat dinas. Dalam penggunaan bahasa ini, tentunya kamu juga perlu memperhatikan dalam setiap penulisan kata yang kamu tulis. 

5. Tulis Subject secara jelas 

Kenapa harus menulis subject secara jelas ? Karena Subject merupakan bagian dari email yang sangat mudah dikenali karena letak Subject dianggap sebagai kepala email. 

Contoh format penulisan Subject Email yaitu "Lamaran Kerja - (Posisi yang di butuhkan)".    Bukan hanya itu, kamu juga dapat menambahkan nama lengkap sebagai contoh yaitu : "Herman Saputra - (Posisi yang di butuhkan)"

6. Pertimbangkan waktu pengiriman  

Waktu dalam mengirim lamaran kerjamu. Usahakan kamu mengirim lamaran kerjamu pada jam kerja perusahaan pada umumnya memiliki jam kerja pada pukul 07.30 sampai 15.30. Pada jam-jam tersebut, terdapat waktu yang optimal supaya berkas lamaran kerjamu di cek langsung oleh perusahaan. Kamu dapat mengirimkannya antara pukul 09.00 sampai 10.00 atau kamu juga dapat mengirimkannya antara pukul 13.00 sampai 14.00. Hindari pengiriman di luar ketentuan jam kerja perusahaan, misalnya mengirim pada tengah malam atau pun terlalu pagi. 

 

Demikian tips "Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email", semoga berguna bagi kalian semua yang akan melamar kerja.

Selamat mencoba !

 

 

 

 

0 Response to "Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel